FRAMING THE MARKET OPPORTUNITY
Banyak produk
berbasis teknologi sangat bergantung pada produk komplementer .
Misalnya, bisnis web browser yang mengandalkan teknologi
; browser tergantung pada
sistem operasi , PC , dan teknologi modem . Selain itu, jaringan
sifat web berarti bahwa beberapa
perusahaan dapat dengan mudah bersekutu untuk
membuat tawaran mulus . Perusahaan dapat sering menemukan
diri mereka dalam kompetisi satu sama lain yaitu , pesaing dan kolaborator .
Dalam menilai
sumber daya yang berhasil , manajer harus
memeriksa kedua kemungkinan internal dan eksternal , daripada
menganggap perusahaan harus melakukan sendiri . Selain secara
tradisional membuat atau membeli keputusan , perusahaan kini memiliki pilihan yang
ketiga yaitu : sekutu . dan karena banyak perusahaan saat ini membuat jaringan
mitra yang luas, tantangan sebenarnya adalah
mengelola jaringan ini secara efektif .
Dalam sebuah bisnis harus mampu menganalisis kebutuhan pelanggan , mendefinisikan
produk yang memenuhi kebutuhan tersebut , dan menerapkan
strategi dipertahankan . dalam
bisnis tradisional , pertempuran kompetitif untuk berjuang mendefinisikan mengatur pola perilaku konsumen ( misalnya , berbelanja di toko-toko kelontong ) .
bisnis tradisional , pertempuran kompetitif untuk berjuang mendefinisikan mengatur pola perilaku konsumen ( misalnya , berbelanja di toko-toko kelontong ) .
Perusahaan
akan memperkenalkan produk yang mengarah ke
perilaku baru dan kebutuhan pelanggan baru . Tantangannya
adalah mendengarkan cukup
erat dengan pelanggan saat ini untuk mengembangkan wawasan tentang peluang tanpa terbuai hanya memenuhi kebutuhan
yang ditetapkan . Untuk negara maju , pelanggan
tidak tahu apa yang mereka tidak tahu . Tugas perusahaan adalah untuk mendefinisikan pengalaman baru berdasarkan wawasan
mengenai bagaimana pelanggan
bertindak hari ini dan mengapa .
Enam Langkah Ini
Merupakan Analisis Pasar - Kesempatan Suara :
Langkah 1 : menyelidiki kesempatan dalam sistem nilai yang ada atau yang
baru
Langkah 2 : mengidentifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi terlayani
Langkah 3 : menentukan segmen pelanggan sasaran
Langkah 4 : menilai kebutuhan sumber daya untuk
memberikan persembahan
Langkah 5 : menilai daya tarik yang kompetitif, teknologi, dan keuangan
kesempatan
Langkah 6 : melakukan go atau no go penilaian
PELUANG LNVESTIGASI YANG ADA ATAU BARU
Nilai Sistem Identifikasi dan analisis Oppornrnity berlabuh dalam ada
atau barusistem - nilai lapangan bermain . Sistem nilai dapat dianggap sebagai
seluruh rantai pemasok , distributor , pesaing , pembeli
, dan perantara yang membawa korban yang sudah ada
ke pasar . Dalam ekonomi jaringan , titik awal untuk identifikasi peluang seringkali adalah
seseorang yang percaya bahwa
sistem nilai dapat diciptakan kembali . Sistem nilai ini beccmes yang
jangkar untuk membingkai kesempatan . Kemudian ,
seseorang dapat mengidentifikasi pelanggan , skr -
menyewa pelaku pasar , dan kegiatan ekonomi untuk
memanfaatkan , mengarahkan , atau membuat . Langkah pertama dalam framiug peluang bisnis adalah untuk
mengidentifikasi secara luas arena dimana perusahaan baru akan berpartisipasi . Tujuannya adalah untuk
menyatakan baik apa yang
ada di dan apa yang keluar dari bisnis model pertimbangan set . untuk
tujuan kita , arena bisnis ripically didefinisikan dalam
atau melintasi rantai nilai
industri , atau sistem nilai . Bisnis terdiri dari diskrit
koleksi kegiatan individu dan organisasi yang bekerja
sama untuk membuat dan
memberikan manfaat pelanggan melalui produk atau jasa .. Dalam sebuah
perusahaan , mungkin ada cara untuk menciptakan nilai . Setelah semua ,
perusahaan adalah terdiri
dari serangkaian kegiatan terkait yang menghasilkan penciptaan
produk akhir atau penyerahan jasa .
TIGA JENIS
DASAR NILAI
Perusahaan harus melihat pada sistem nilai dengan lensa
yang menghasilkan ide-ide tentang baru kemungkinan bisnis . Secara khusus , perusahaan mencari
salah satu dari tiga hal : nilai terperangkap yang dapat dibebaskan , nilai baru untuk
dunia yang dapat dibuat
atau diciptakan, atau hibrida dari
terjebak dan nilai baru ke dunia
MENCIPTAKAN
PASAR LEBIH EFISIEN .
Dengan menurunkan biaya pencarian dan transaksi,
pasar lebih efisien ---- pelanggan dapat membeli apa yang
terbaik bagi mereka di Iower biaya bersih . Sebagai contoh, Bizbuyer.com menyatukan pemasok dan pembeli
produk dan jasa untuk usaha kecil dan menengah businisies
. pelanggan yang menyerahkan permintaan usulan
, dan pemasok yang memenuhi syarat memberikan kutipan.
menciptakan sistem nilai Lebih Efisien . penekanan atau
menghilangkan langkah-langkah dalam
SISTEM NILAI
SAAT INI DAPAT MENGHASILKAN PENGHEMATAN WAKTU ATAU BIAYA.
Membangun sebuah komunitas :
Internet
memungkinkan membangun masyarakat yang efisien , seperti yang terlihat dalam ledakan chat room di
berbagai topik , baik publik dan swasta
masyarakat . website tertutup - komunitas seperti
MyFamily.com berusaha untuk membawa keluarga modern yang dengan memungkinkan berbagi
percakapan , gambar , pertukaran
resep , dll
Memperkenalkan
fungsi baru dunia atau Pengalaman pelanggan : merupakan
konvergensi komunikasi , komputasi , dan entertaiment serta bentuk yang selalu berubah dan fungsi atau akses perangkatnya adalah dengan membuat pengalaman baru yang mungkin di alami
Nilai hibrida : sebagai istilah yang berkonotasi , adalah istilah
yang paling kuat ketika efek
sinergi dari keduanya terjebak
dan nilai baru untuk dunia dapat dikombinasikan . di sana tiga mekanisme yang berbeda dimana perusahaan dapat
menciptakan nilai hibrida : mengganggu
penetapan harga, memungkinkan kemudahan
akses , atau memerluas jangkauan pasarnya
Mengganggu harga saat ini . Selain membuat pasar lebih efisien , ini
Aktivitas nilai membuka kunci
dalam perubahan hubungan harga dan
daya saat ini . konsumen bisa mendapatkan
pengaruh atas harga dan
menangkap bagian dari vendor , dan ketika mergin mereka memiliki informasi lebih lanjut tentang relatif
kinerja vendor, dalam pemahaman
ekonomi penjual , atau wawasan vendor saat
ini
MENENTUKAN
TARGET PELANGGAN
Diskusi sejauh ini telah tentang dimana sebuah perusahaan berkemungkinan untuk bermain disistem nilai , bagaimana
pelanggan melalui proses pengambilan keputusan ,
dan potensi daerah untuk penciptaan nilai . Bagian selanjutnya
dari pembahasan ini akan fokus
pada pelanggan tertentu yang perusahaan berencana untuk mengejar . perusahaan
perlu mengembangkan rasa untuk tipe pelanggan mereka yang
akhirnya mencari untuk dilayani . Pemahaman ini memungkinkan perusahaan untuk menilai
peluang menarik
pada tingkat tinggi dan untuk fokus untuk mepersembahkan
kerajinan, yang menarik
TARGET
PELANGGAN
nilai
proposisi , atau nilai klaster , hanya pelanggan tertentu seperti .
Merancang nilai cluster yang memiliki tiga komponen yang berbeda : ( 1 ) pilihan dari
segmen pelanggan sasaran , ( 2 ) pilihan
manfaat konsumen yang focus untuk menawarkan , dan ( 3 ) alasan bagi pelanggan untuk
percaya alasan
mengapa
ini perusahaan tertentu dan mitra-mitranya dapat
memberikan nilai te klaster secara signifikan lebih baik dibandingkan pesaingnya bisa.
PENDEKATAN
UNTUK SEGMENTASI PASAR
Ada banyak pendekatan untuk segmentasi , dan cara terbaik
untuk segmen pasar
merupakan topik yang sering diperdebatkan . Keputusan tergantung pada sistem nilai
bahwa kesempatan berpusat pada , bagaimana pelanggan
dapat dan akan membuat keputusan
dalam sistem nilai , dan tindakan apa perusahaan kemungkinan untuk
ambil. Sebelum pendekatan praktis untuk segmentasi bagi
perekonomian jaringan dijelaskan
, penting untuk meninjau secara singkat cara
yang berbeda bahwa pasar
( dan pelanggan ) dapat segmentasi
. Literatur akademik dan buku teks
sering mengutip pendekatan segmentasi berikut :
- demografi : Bagi individu , Pendekatan demografis
meliputi
pengelompokan berdasarkan usia , jenis kelamin, pekerjaan , etnis ,
pendapatan, status keluarga , tahap kehidupan ,
konektivitas internet , dan browser rype . Dalam pendekatan firmographic , perusahaan yang
tersegmentasi berdasarkan nomor karyawan , secara online atau status offline ,
ukuran perusahaan, fungsi pekerjaan , dan proses pembelian .
- Geographic : Negara / wilayah / kota ,
ukuran kota , kepadatan ( urban , suburban , pedesaan) , domain ISP , dll
- perilaku : Perilaku belanja online , perilaku belanja secara
offline , Web penggunaan , loyalitas website, pembelian sebelumnya , dll
- Acara ( atau situasional ) . Kesempatan rutin ,
acara khusus, waktu (time hari , hari minggu , hari libur) , lokasi ( dari
rumah , di jalan ) , acara ( saat menulis rencana bisnis , saat berbelanja ) , pemicu (
dari supply) , dll
- Psikografis
: Lifesryle (
pencari sensasi , pecinta kesenangan , petapa ) , kepribadian
( santai , Tipe
A , pengambil risiko ) , afinitas ( pembangun
masyarakat , peserta , orang buangan ) , dll
- keuntungan
: Kenyamanan ,
ekonomi , kualitas , kemudahan penggunaan , kecepatan , informasi , seleksi,
dll
SEGMENTASI A
BERMAKNA JIKA MEMENUHI KRITERIA TERTENTU :
Pelanggan dalam segmen berperilaku sama
, sementara pelanggan di seluruh segmen
berperilaku
dengan cara yang berbeda .Ini memberikan beberapa wawasan ke dalam motivasi
pelanggan . .Hal ini sesuai dengan seperangkat hambatan yang dihadapi pelanggan
ketika mereka membeli
atau
menggunakan produk atau jasa .
.Ini sesuai dengan bagaimana pelanggan saat ini ( atau
bisa ) membeli atau menggunakan
produk atau jasa . r Ini berkorelasi dengan perbedaan dalam keuntungan atau biaya untuk melayani . .Segmentasi dan / atau perbedaan mereka cukup besar untuk menjamin Perbedaan sewa serangkaian tindakan perusahaan Anda .
produk atau jasa . r Ini berkorelasi dengan perbedaan dalam keuntungan atau biaya untuk melayani . .Segmentasi dan / atau perbedaan mereka cukup besar untuk menjamin Perbedaan sewa serangkaian tindakan perusahaan Anda .
HAK CAMPURAN VARIABEL SEGMENTASI
Menemukan hak campuran variabel
segmentasi yang baik ditindaklanjuti dan bermakna adalah sulit , dalam prakteknya, perusahaan sering
dipaksa untuk perdagangan
satu variabel
yang lain. Di dunia online, ini trade- off lebih mudah daripada di dunia offline karena perusahaan dapat
dengan cepat mengumpulkan data yang baik ditindaklanjuti dan bermakna . Melalui formulir pendaftaran yang meminta
pelanggan untuk
informasi
demografis dasar ( seperti pendapatan , jenis kelamin, usia , dan zip Kode ) atau melalui pelacakan real-time
dari pelanggan klik stream pada kedua pencarian data dan perilaku pembelian akhir , perusahaan
online memiliki akses ke
sumber data
yang kaya segmentasi ." Clickographics , " pengamatan perilaku
pelanggan secara online dengan menggunakan Data klik -stream , adalah contoh menarik dari variabel
perilaku yang cenderung
sangat bermakna dan ditindaklanjuti .
PILIHAN FOCAL
MANFAAT PELANGGAN
Sebuah bisnis mengartikulasikan proposisi nilai atau
gugus ketika itu spesifikasi kunci kembali manfaat yang akan dikirimkan ke segmen sasaran tertentu .
Manfaat perlu relevan ,
penting , dan pelit . ' pemasaran konvensional
sering merekomendasikan bahwa perusahaan fokus pada satu atau dua
manfaat kritis. Contoh yang sering dikutip termasuk Volvo
( yang menekankan safety
) , Southwest Airlines ( yang menekankan kenyamanan dan harga rendah ) ,
atau Four Seasons ( yang menekankan layanan yang luar
biasa ) . Sebagai pendukung motivasional segmen fokus akan setuju , perusahaan yang
mencoba untuk bersaing di lebih
dari satu manfaat menciptakan masalah dua dasar. Yang pertama , pada permintaan
sisi , adalah bahwa pelanggan yang bingung dengan pesan
perusahaan . Yang kedua , di
sisi penawaran , adalah bahwa sistem harus dibangun secara unik untuk
memberikan manfaat
tertentu . Memilih dua manfaat yang sangat bertentangan ( seperti pengiriman
cepat
dan harga rendah ) akan menyebabkan kompromi dalam
pengembangan strategi klasik " terjebak di
tengah-tengah " - dan kinerja rata-rata pada dua manfaat ,
sementara perusahaan lain memberikan kinerja tinggi pada
manfaat tunggal .
Exhibit 2.7 Amazon.com
Homepage for two Different Customers
Sumber Daya Perusahaan
Pada
tahap ini, tim sudah akan memiliki pemahaman yang kuat tentang hal-hal berikut:
·
Sistem nilai yang
dipilih di mana perusahaan akan berpartisipasi
·
Tahap kunci dari proses
pengambilan keputusan pelanggan dan manfaat dicari atau nilai terjebak pada
setiap tahap
·
Segmen pelanggan
sasaran
Langkah Lima: Menilai
Kompetitif, Teknologi, dan Keuangan Peluang
·
Intensitas kompetitif.
Faktor-faktor yang berhubungan dengan intensitas kompetitif secara keseluruhan
dapat dinyatakan dalam peta pesaing yang meliputi (a) jumlah dan identitas
pesaing bersama dengan masing-masing (b) kekuatan dan kelemahan dalam memberikan
manfaat.
·
Pelanggan Dinamis.
Unsur yang membingkai dinamika pelanggan secara keseluruhan dari pasar adalah
(a) tingkat kebutuhan yang belum terpenuhi, atau besarnya peluang tak terbatas,
(b) tingkat interaksi antara segmen pelanggan utama, dan (c) tingkat
kemungkinan pertumbuhan.
·
Teknologi Kerentanan.
Teknologi kerentanan meliputi (a) dampak dari penetrasi teknologi yang
memungkinkan dan (b) dampak teknologi baru pada nilai proporsition.
·
Mikroekonomi.
Mikroekonomi dari kesempatan yang meliputi (a) ukuran / volume pasar dan (b)
tingkat proyeksi profability.
Exhibit 2.8 Competitor
Profiling-Eastman Kodak

Analisis ini akan
membantu perusahaan melakukan hal berikut:
·
Membatasi setiap ruang
putih (terlayani daerah) di pasar dan, sebaliknya, daerah yang paling
kompetitif.
·
Mengidentifikasi
perusahaan perusahaan akan bersaing dan mendapatkan pemahaman awal kekuatan
mereka
·
Perusahaan titik
tersebut bisa berpotensi rekan-dengan kata lain, perusahaan-perusahaan yang
mungkin menawarkan kemampuan kritis atau akses unik untuk pelanggan pada tahap
tertentu dari proses pengambilan keputusan pelanggan.
·
Exhibit 2.9 Perhitungan
Per-Rumah Tangga Konsumen Pendapatan Film
Nilai dari latihan ini adalah untuk memikirkan
tentang semua kelebihan dan kekurangan. Tujuannya adalah untuk menentukan
apakah situasi ini adalah kesempatan yang buruk, moderat, baik, besar atau
raksasa.
Langkah Enam: Conduct go/no-go assessment (melakukan
penilaian pergi/tidak pergi)
Exhibit 2.10 Rantai
Nilai Fotografi




Exhibit 2.11 Investasi
Terkemuka dan Kemitraan, 2000-2001
Exhibit 2.12 Kodak’s
Digital Photography Overall Opportunity Assessment

Kisah kesempatan harus
melakukan hal berikut ini :
·
Menjelaskan secara
singkat segmen sasaran ( s ) dalam sistem nilai yang dipilih .
·
Mengartikulasikan
proposisi nilai tingkat tinggi
·
menguraikan unsur-unsur
imbalan pelanggan ( bab ini difokuskan pada manfaat fungsional , namun ,
kebutuhan bisa emosional atau self- ekspresif )
·
mengidentifikasi
kemampuan kritis dan sumber daya yang dibutuhkan untuk memberikan manfaat
pelanggan.
·
lay out alasan penting
untuk percaya bahwa kemampuan diidentifikasi dan sumber daya akan menjadi
sumber keunggulan dalam persaingan
·
mengkategorikan
kemampuan kritis ( dan sumber daya yang mendukung ) seperti di - rumah ,
membangun, membeli , atau berkolaborasi
·
Menjelaskan bagaimana
perusahaan akan menguangkan kesempatan ( yaitu , bagaimana hal itu akan
menangkap beberapa ramuan dari nilai yang menciptakan untuk pelanggan ) .
·
memberikan pengertian
awal untuk besarnya peluang keuangan bagi perusahaan
·
Mengidentifikasi asumsi
yang mendasari penting yang harus benar agar peluang ini terwujud di pasar .
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor risiko yang terkait dengan mengejar kesempatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar